Tugas Pendahuluan 2

 Tp 2 : Kondisi 3



Tugas Pendahuluan 2 Modul 1
(Percobaan 2 Kondisi 4)

1. Prosedur 
[Kembali]

1. Rangkai rangkaian di proteus sesuai dengan kondisi percobaan.
2. Tulis program untuk arduino di software Arduino IDE.
3. Compile program tadi, lalu upload ke dalam arduino.
4. Setelah program selesai di upload, jalankan simulasi rangkaian pada proteus.

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

Hardware :

a) Arduino Uno



2. Push Button




3. Seven Segment 2 Digit




Diagram Blok  :


3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]

Rangkaian Simulasi :




Prinsip Kerja : 

Pada rangkaian percobaan 2 ini menggunakan komponen keypad manual dengan menggunakan susunan button yang membentuk pola keypad 4x4, kemudian sebuah arduino dan seven segment. Dimana ketika dijalankan arduino akan memberikan output pada setiap baris di keypad agar nantinya ketika button keypad ditekan akan dilewati arus sehingga pada kolom akan menjadi input pada arduino dan dapat terbaca angka/huruf yang dimaksud pada program. Dengan kondisi ketika baris 1 kolom 3 ditekan maka nanti nya pada baris 1 akan dialiri arus dan button sesuai kondisi ditekan maka arus diteruskan menuju kolom 3 dan kembali ke arduino, pada program sudah dibuat bahwa ketika kondisi tersebut  angka yang dimaksud adalah 1. Kemudian ketika arduino sudah membaca bahwa angka 1 yang ditekan, arduino akan memberikan output pada seven segment, segment mana saja yang hidup agar dapat menampilkan angka 1 pada seven segment, pada kasus ini segment yang dimaksud adalah B dan C.

4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Flowchart :





Listing Program :

#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4; // Empat baris
const byte COLS = 4; // Empat kolom

char keys[ROWS][COLS] = {
  {'3','2','1','A'},
  {'4','5','6','B'}, // Layout keypad 4x4
  {'7','8','9','C'},
  {'*','0','#', 'D'}
};

byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Hubungkan dengan pin baris keypad
byte colPins[COLS] = {10, 11, 12, 13}; // Hubungkan dengan pin kolom keypad

Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);

const int segmentPins[] = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}; // Hubungkan dengan pin-pins segment seven-segment display

void setup() {
  for (int i = 0; i < 8; i++) {
    pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
    digitalWrite(segmentPins[i], HIGH); // Atur semua segment off (common anode)
  }
}

void loop() {
  char key = keypad.getKey();
  if (key) {
    displayCharacter(key);
    delay(1000);
    clearDisplay();
  }
}

void displayCharacter(char ch) {
  // Definisikan pola segment untuk setiap digit (0-9)
  // Contoh: Menampilkan '1'
  //  A
  // F B
  //  G
  // E C
  //  D
  byte patterns[][8] = {
    {0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 0
    {1, 0, 0, 1, 1, 1, 1}, // 1
    {0, 0, 1, 0, 0, 1, 0}, // 2
    {0, 0, 0, 0, 1, 1, 0}, // 3
    {1, 0, 0, 1, 1, 0, 0}, // 4
    {0, 1, 0, 0, 1, 0, 0}, // 5
    {0, 1, 0, 0, 0, 0, 0}, // 6
    {0, 0, 0, 1, 1, 1, 1}, // 7
    {0, 0, 0, 0, 0, 0, 0}, // 8
    {0, 0, 0, 0, 1, 0, 0}, // 9
    {0, 0, 0, 0, 0, 1, 0}, // A
    {1, 1, 0, 0, 0, 0, 0}, // B
    {0, 1, 1, 0, 0, 0, 1}, // C
    {1, 0, 0, 0, 0, 1, 0}  // D
  };

  int index;
  if (ch >= '0' && ch <= '9') {
    index = ch - '0';
  } else if (ch >= 'A' && ch <= 'D') {
    index = ch - 'A' + 10;
  } else {
    return;
  }

  // Tulis pola ke pin-pin segment
  for (int i = 0; i < 7; i++) {
    digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]);
  }
}

void clearDisplay() {
  for (int i = 0; i < 8; i++) {
    digitalWrite(segmentPins[i], HIGH); // Matikan semua segment
  }
}


5. Kondisi [Kembali]

Percobaan 2 Kondisi 4
Kondisi 3 : Button baris 1 kolom 3 menampilkan angka 1


6. Video Simulasi [Kembali]








7. Download File [Kembali]

File Rangkaian klik disini
Video Percobaan klik disini
Listing Program klik disini
Datasheet Arduino klik disini
Datasheet Button klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Among Us - Crewmates

Modul 3 : Communication

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan 2. Alat dan Bahan 3. Dasar Teori 4. Percobaan Percobaan A. Tugas Pendahuluan 1 B. Tugas...