LA 1: Percobaan 3
1. Rangkai rangkaian pada alat sesuai dengan modul.
2. Tulis program untuk arduino di software Arduino IDE.
3. Compile program tadi, lalu upload ke dalam arduino.
4. Setelah program selesai di upload, jalankan rangkaian.
2. Tulis program untuk arduino di software Arduino IDE.
3. Compile program tadi, lalu upload ke dalam arduino.
4. Setelah program selesai di upload, jalankan rangkaian.
2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]
Rangkaian Simulasi :
Prinsip Kerja :
Pada percobaan 3 kondisi 7 menggunakan komunikasi I2C atau Inter - Integrated Circuit, komunikasi menggunakan pin SDA (serial data) dan SCL (serial clock) dimana SDA sebagai pengiriman data dan SCL mengatur clock dalam pengiriman data. Pada sisi kiri terdapat keypad yang merupakan input dari rangkaian, dengan menggunakan keypat yang dihubungkan pada arduino dan penyesuaian kolom dan baris pada pemograman nya. pada input diberi nama Master karena sebagai pengirim. Kemudian di bagian kanan terdapat arduino yang sudah terhubung dengan LCD sebagai output yang dimana LCD akan menampilkan apa yang di berikan keypad, arduino output deberi nama Slave karena berperan sebagai penerima.
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Flowchart :
MASTER
#include <Key.h>
#include <Keypad.h>
#include <Keypad.h>
#include <Wire.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
{'A', '2', '3'},
{'B', '5', '6'},
{'C', '8', '9'},
{'D', '0', '#'},
};
char rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
char colPins[COLS] = {5, 4, 3};
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Wire.begin(); // join i2c bus (address optional for master)
}
//byte x = 0;
void loop(){
char key = keypad.getKey();
if (key) {
Wire.beginTransmission(4); // transmit to device #4
Wire.write(key);
Wire.endTransmission(); // stop transmitting
}
}
SLAVE
#include <LedControl.h>
#include <Wire.h>
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Inisialisasi objek LCD dengan pin yang terhubung
String message = ""; // Pesan yang akan ditampilkan di LCD
void setup() {
lcd.begin(16, 2); // Inisialisasi LCD dengan ukuran 16x2
Wire.begin(9); // Mulai komunikasi I2C sebagai slave dengan alamat 9
Wire.onReceive(receiveEvent); // Panggil fungsi receiveEvent() saat menerima data dari master
}
void loop() {
// Tidak ada yang perlu dilakukan di loop()
}
void receiveEvent(int byteCount) {
while (Wire.available()) {
char receivedChar = Wire.read(); // Baca karakter yang diterima dari master
message += receivedChar; // Tambahkan karakter ke pesan
if (message.length() > 16) { // Jika panjang pesan lebih dari 16 karakter
message = message.substring(1); // Potong karakter pertama dari pesan
}
displayMessage(); // Tampilkan pesan pada LCD
}
}
void displayMessage() {
lcd.clear(); // Bersihkan layar LCD
lcd.setCursor(0, 0); // Set posisi kursor di baris pertama
lcd.print(message); // Tampilkan pesan di LCD
}
5. Kondisi [Kembali]
Percobaan 4 : Keypad dan Motor Servo
6. Video Demo [Kembali]
7. Soal Analisa [Kembali]
1. Apa jenis komunikasi yang digunakan ?
2. berdasarkan pemograman bagaimana master memilih slavve?
8. Download File [Kembali]
HTML klik disini
File Rangkaian klik disini
Video Percobaan klik disini
Video Percobaan klik disini
Listing Program klik disini
Datasheet Arduino klik disini
Datasheet Motor Servo klik disini
Datasheet Keypad klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar